T U J U A N

.

Tujuan dari Tafakur Meditasi Islam  (TMI) adalah terutama untuk melatih diri agar kita selalu Ingat kepada Allah SWT, dan selalu Ingat adanya Kehidupan Akhirat nanti, guna mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan, baik di Kehidupan Dunia dan di Kehidupan Akirat..

.

Mengapa kita harus senantiasa Mengingat Allah ?

Karena hubungan antara Manusia dengan Allah tidaklah sesederhana seperti hubungan Manusia dengan Manusia lainnya, atau hubungan Manusia dengan lingkungannya maupun Alam.

Hubungan Manusia dengan Allah adalah ibaratnya sebuah hubungan antara Pencipta dengan barang yang diciptakannya, dimana Manusia adalah hasil ciptaan Allah SWT.

Manusia diciptakan oleh Allah dan tetap menjadi milik Allah selamanya, baik di Dunia maupun di Akhirat.

Kesadaran dan ingatan kepada Allah SWT sebagai Sang Pencipta adalah sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, dimana dalam kehidupannya, seorang Manusia terikat oleh aturan-aturan yang dibuat oleh Allah SWT, yang disampaikan melalui Rasulullah SAW.

.

Dalam kehidupannya, Manusia mempunyai beberapa Tugas yang harus dilakukan selama menjalani Kehidupan di Dunia (seumur hidup), antara lain:

  • Ber- Ibadah hanya kepada Allah SWT.
  • Ber- Syukur hanya kepada Allah SWT.
  • Ber- Taubat hanya kepada Allah SWT.

.

Salah satu cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan untuk Mengingat Allah (dan Mengingat Kehidupan Akhirat), adalah dengan berlatih serta melakukan Tafakur Meditasi Islam.

.

Seluruh tubuh akan selalu dibiasakan Mengingat Allah (dan Mengingat Akhirat), karena setiap tarikan nafas dengan disertai bacaan Subhanallah, akan membawa masuk hawa ke Tuhanan “Subhanallah” bersama oksigen, yang akan disebarkan keseluruh tubuh atau keseluruh sel-sel yang ada dalam tubuh Manusia.

Jadi setiap sel diseluruh tubuh manusia dari sel yang terkecil, pada saat melakukan fungsi sel (metabolisme) akan selalu Mengingat Allah terlebih dahulu ; demikian pula dengan proses yang sama ketika kita mengeluarkan atau  menghembuskan Nafas.

.

Dengan melakukan latihan TMI ini, akan membiasakan kita untuk selalu Mengingat Allah (dan Mengingat Kehidupan Akhirat), mulai dari sel yang terkecil, organ-organ tubuh serta seluruh anggota tubuh dan tubuh secara keseluruhan.

.

Dalam Al Quran Surah Al Baqarah ayat 152, Allah ber Firman:

“Ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu”.

Dan simaklah Surah An Nisaa ayat 103:

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan Shalat mu, Ingatlah Allah di waktu ber-Diri, di waktu Duduk dan di waktu ber-Baring”.

.

Kemudian bacalah Firman Allah dalam Surah Al Ankabut ayat 64:

“Maka tidaklah Kehidupan Dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya Kehidupan Akhirat itulah yang sebenarnya Kehidupan, kalau mereka mengetahui”.

 

.

M A N F A A T

.

“Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tetapi Allah memberi apa yang kita perlukan. Kadang kita merasa sedih, perih, pedih, kecewa dan terluka. tapi jauh di atas segalanya Allah tengah  merajut sesuatu yang terindah untuk kita. Semua akan terasa indah pada waktu-Nya”.

.

Manfaat dari berlatih TMI minimum 5 (lima) menit sehari semalam, akan dapat mempersiapkan Akal Pikiran dan Perasaan kita didalam menghadapi kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa didalam kita menjalani Kehidupan sehari-hari di Dunia ini.

Berbagai macam kejadian atau peristiwa yang akan terjadi dalam Kehidupan Manusia di Dunia ini, akan datang silih berganti, baik itu kegembiraan, kebahagiaan, kesenangan ;  maupun kesedihan, kesulitan, dan kemalangan.

Kita haruslah menerima atau menyesuaikan diri kepada masalah-masalah tersebut sebagai wujud keimanan kita, ber-Iman pada Qadha dan Qadr.

Namun kita haruslah berusaha dan berupaya keras untuk mencari Solusi, jalan keluar atau terobosan-terobosan sebagai sebuah ‘syareat’ yang harus dijalankan, guna dapat menyelesaikan masalah-masalah kehidupan kita.

.

Dalam kehidupan keseharian, manfaat dari Tafakur Meditasi Islam  (TMI)  ini akan dapat dirasakan, antara lain:

  • Meningkatkan kesabaran (tidak mudah marah)
  • Meningkatkan sifat kejujuran
  • Meningkatkan rasa adil dan bijaksana
  • Meningkatkan rasa welas asih
  • Meningkatkan keseimbangan tubuh
  • Meningkatkan konsentrasi dan kesadaran diri.

.

Manfaat dalam kehidupan sehari-hari tersebut dapatlah dijadikan modal untuk melakukan Identifikasi, Analisa dan Solusi dari berbagai masalah yang muncul ketika kita menjalani kehidupan di Dunia ini (5-K), antara lain:

  1. Masalah Kesehatan
  2. Masalah Keuangan (dan Harta)
  3. Masalah Karir (dan Jabatan)
  4. Masalah Keluarga (suami-isteri, anak, orang tua, saudara, famili  dll).
  5. Masalah Kelompok Lain.

.

Dalam Kehidupan di Dunia ini, semua Manusia mempunyai masalah, dan masalah-masalah itu biasanya akan berada disekitar lingkaran 5-K tersebut diatas, dan biasanya akanlah datang silih berganti.

Adalah merupakan kewajiban kita berupaya keras untuk senantiasa mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut, tentunya sambil ber-Doa dan sambil mengambil sikap Pasrah, Ikhlas dan Ridha  akan hasil dari usaha-usaha kita itu.

Percaya dan Yakin lah, bahwa Allah tidak akan meberikan beban (atau ujian) kepada kita diluar kesanggupan kita. Dan hanya kepada-Nya lah semua urusan dikembalikan.

.

Bila saja kita dapat mengatasi berbagai masalah yang ada dalam kehidupan Dunia tersebut diatas, maka pada diri kita sudah tentulah akan timbul rasa  3-K , yaitu :

  1. Ketenangan
  2. Kesabaran
  3. Ketenteraman

.

Adapun manfaat dalam berlatih TMI untuk kehidupan Akhirat adalah:

  • InsyaAllah selamat pada Sakaratul Maut.
  • InsyaAllah selamat dari Siksa Kubur.
  • InsyaAllah selamat dari Api Neraka.

.

Manfaat lain dari Tafakur Meditasi Islam ini adalah untuk mempersiapkan diri dalam mempertanggung jawabkan seluruh perilaku kita dikehidupan di Dunia dihadapan Allah SWT, mulai dari sel-sel  yang terkecil, organ-organ tubuh, anggota tubuh serta seluruh tubuh.

Selain itu dengan berlatih TMI, maka seseorang diharapkan akan dapat menggapai kebahagian lahir bathin di Kehidupan Dunia, dan insyaAllah akan selamat di Kehidupan Akhirat.

.

Simaklah beberapa Firman Allah dalam kitab suci Al Qur’an:

Surah Al Muddatstsir ayat 38:

“Tiap-tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya”.

Surah Al Fushshilat ayat 21-22:

“Dan mereka berkata kepada kulit mereka: Mengapa kamu menjadi saksi terhadap  kami? Kulit mereka menjawab: “Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali pertama dan hanya kepadaNya lah kamu dikembalikan”.

“Kamu sekali-kali tidak dapat bersembunyi dari kesaksian pendengaran, penglihatan dan kulitmu kepadamu, bahkan kamu mengira bahwa Allah tidak mengetahui kebanyakan dari apa yang kamu kerjakan”.

Surah An Nuur ayat 24:

“Pada hari (ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan”

.

Mulailah mengikuti Pelatihan Tafakur Meditasi Islam, dan kemudian berlatihlah  setiap hari minimum 5 (lima) menit,  tanpa ada hari-hari yang terlewatkan, seumur hidup sampai dengan akhir Hayat.

-BRH-


0 Responses to “TUJUAN DAN MANFAAT”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Desember 2016
S S R K J S M
« Mar    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Bulan

Recent Entries


%d blogger menyukai ini: